Kamis, 24 April 2008

Tentang Umroh Pertama Vivy Kepix (Evi'95)

...Assalamu'alaikum semua...

Apa kabar...Gw udah balik dari umroh hari minggu kemaren....


Lumayan capek banget..Tapi seneng..hope someday will return to the holly city..


Banyak banget pengalaman yang berkesan di sana....Lebih banyak tau karakter2 orang diluar etnis melayu..


Kayak orang Arab dan Turki yangcantik2 dan ganteng2 tapi soal behave...masih bagus kita2 orangmelayu....Yang paling bikin kesel dari mereka2 itu kalo pas lagi dimesjid..nggak mau ngalahan apalagi ama orang melayu...nggak dianggap banget dyeh...suka desel2 tempat sholat orang yang di depan padahaldatangnya belakangan...


Tapi ada juga kok yang baik..Yang nggak tau ceritanya tau2 ngasih roti ama keju...kemaren sempet juga ngobrol2 amacewek mesir dan sempet di kasih tau gimana cara sholat yang bener...alhamdulillah banyak ilmu yang didapat selama di sana...


Satu hal lagi sih yang bisa diambil contoh dari orang2 Turki dan Arab adalah semangat ibadahnya luar biasa...


Speaking about melayu...kemaren sempet satu hotel ama rombongan negara yang ngaku2 satu rumpun ama kita a.k.a Malaysia..Ternyata emang bener juga, gaya mereka yang songong2, kelihatan banget dari tatapan mata mereka yang kesannya ngeremehin orang Indonesia, kali dipikiran mereka kita2 iniTKI kali...Tapi kalo itu sih kebanyakan dari anak2 mudanya..kalo yang tua-an lumayan ramah... Yah...kita mah kalo diramahin balikngeramahin..kalo disongongin...nggak mau kalah juga....Gw sih mikir paling2 sama2 dari kampung juga...sama kayak gw...he..he....Tapi emang bener deh...kadang apa yang kita perbuat ke orang atau apa yang ada dipikiran kita suka dibayar kontan disana....Kayak temen satu rombongan gw...Ngeliat orang yang tawaf atau Sa'i didorong pake kursi roda kasih komen " enak juga ya kayaknya kalo duduk sambil di dorong gitu"...eh nggak berapa lama, tu orang kepeleset sampe tempurung lututnya kegeser dan nggak bisa jalan berhari2...Trus ada juga yang kalo pas ziarah di bis suka ketawa ngakak ama temennya,pokoknya bercanda yang kadang kelewatan....Tau2 pas mau pulang keIndonesia, dua orang itu malah bertengkar hebat...


Pengalaman gw sendiri malah lebih konyol lagi...Khan disekitar mesjid Nabawi ma Masjidil Haram banyak banget burung2 merpati yang berkeliarandan sejak awal gw selalu ngebatin...burung2 ini kok pinter bangetya...nggak beol sembarangan dan nggak pernah beolin orang2 yang lewat situ...eh, tau2 pas umroh gw dah selesai dan mau keluar dari kota mekkah menuju Jeddah gw akhirnya dibeolin sama burung...ha..ha....Dapat ucapan good bye dari burung gw.


Adalagi ni pengalaman aneh....dari hari pertama gw di Mekkah dan mulaitawaf...gw nggak punya keberanian buat nyium hajar aswad, secara penuh danberdesak2an (kata nyokap ramenya udah kayak orang haji)...tau2 pas tawafwada' putaran terakhir...ada yang datang dan nawarin buat nganterin kehajar aswad...Buat gw....sungguh Allah emang Maha Besar dan Maha Tahu apayang diinginkan hambanya....Jadi akhirnya berhasil jg gw nyium hajar aswad(dengan perjuangan yang lumayan bikin gw merasa bakal mati)...setelah iturasanya lega banget...Padahal sebelumnya gw berfikir gw pergi dariMasjidil Haram tanpa sempet ngerasain nyium hajar aswad dan mesti nyobalain waktu yang gw nggak tau itu kapan lagi bisa balik ke tanahsuci...Alhamdulillah semua kesampaian....


Kalo yang lain2 mah standar kali ya...ziarah ke mesjid2 dan tempat2bersejarah perjuangan Rasul di sana....Trus ke Musium Ka'bah di luar kotaMakkah......Tapi teteplah...yang paling berkesan adalah pengalaman bisasholat di mesjid Nabawi dan Masjidil Haram dan berdoa di tempat2 yangmustajab kayak di Raudah dan di Multazam yang selama ini cuma gw bisa liatdi gambar dan denger dari cerita orang...


Segitu dulu cerita gw....My recommend....buat yang muslim kalo punyarezeki lebih, nggak ada salahnya buat pergi ke sana.....Worth it bangetdah-



- Vivy Kepix-



Jabal Uhud Kabah Background Inside Masjidil Haram


Musium kabah Mejeng sehabis Tawaf

3 komentar:

  1. Alhamdulillah ... ada pioneer nya ke bisa ke Mekkah.. moga moga ini jadi jalan buat temen2 yang lain buat nyusul kesana. Amieeen...

    Btw pasti dapet titipan doa dari banyak orang yahh?? Hehhehehe....

    Poto2 nya mana neh Pix...???

    BalasHapus
  2. pyx...boleh tau gak ..kmrn bdoa apa aja...hehehe... ga lupa bacain doa titipan kan...

    BalasHapus
  3. Mudah2an...yang lain bisa nyusul umroh ke sana...or naik haji sekalian.
    Salam

    BalasHapus